RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Program
Studi : D III
Kebidanan
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan III (Nifas)
Kode Mata Kuliah :
Bd. 303
Semester :
III (Tiga)
SKS : 2 SKS (1 T; 1 P)
T : 1 x 50 menit = 50 menit x 14 minggu
= 700 menit @ 100 menit = 7 x Tatap Muka
P : 1 x 160 menit = 160 menit x 14
minggu = 2240 menit @ 100 menit = 23 x Tatap Muka
Dosen Pengampu : Reny Eka Saputri S.ST. Keb
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk
melaksanakan Asuhan Kebidanan pada masa nifas dengan pendekatan manajemen
kebidanan di dasari konsep, sikap dan ketrampilan dengan pokok bahasan : Konsep
dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi,
fisiologi dan psikologi masa nifas, keutuhan dasar masa nifas, melaksanakan
asuhan kebidanan pada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa
nifas, deteksi dini komplikasi masa nifas dan pendokumentasiannya.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
1.
Sikap
a. Bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
c. Berkontribusi dalam
peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga
negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta
pendapat
atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin
dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara ;
h. Menginternalisasi nilai,
norma, dan etika akademik;
i.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri;
j.
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.
Keterampilan
Umum
a. Mampu menyelesaikan
pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang
sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku ;
b. Mampu menunjukkan
kinerja bermutu dan terukur;
c. Mampu memecahkan masalah
pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian
terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab
atas hasilnya secara mandiri;
d. Mampu menyusun laporan
hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya
secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
e. Mampu
bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f. mampu
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan
evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja
yang berada di bawah tanggungjawabnya;
g. Mampu melakukan proses
evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan,
menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan
dan mencegah plagiasi.
3. Ketrampilan Khusus
a. Menjelaskan
konsep dasar masa nifas;
b. Menjelaskan
proses laktasi dan menyusui;
c. Menjelaskan
respon orang tua terhadap bayi baru lahir;
4.
Pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar masa nifas;
b. Menguasai proses laktasi dan
menyusui;
c. Menguasai respon orang tua
terhadap bayi baru lahir.
MG
KE
|
KEMAMPUAN AEKHIR YANG DIHARAPKAN
|
BAHAN KAJIAN (Materi Ajar)
|
BENTUK / METODE PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU (menit)
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup)
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
INSTRUMEN PENILAIAN (Kriteria, Indikator,
Bobot Penilaian)
|
BOBOT NILAI
|
1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep dasar masa nifas
|
Pengertian
masa nifas
-
Tujuan asuhan masa nifas
-
Peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
-
Tahapan masa nifas
-
Kebijakan program nasional masa
nifas
|
Ceramah, Diskusi
|
Mampu menguasai konsep dasar
masa nifas
|
T : 50
P : 150
|
Pendahuluan:
1. Salam
2. Apersepsi tentang materi konsep
dasar masa nifas
Penyajian
:
1. Menjelaskan konsep dasar masa nifas
2. Embeded test
3. Contoh
4. Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup
:
1. Evaluasi
2. Kesimpulan
3. Tindak lanjut
4. Salam
|
Laptop, Power Point, LCD
proyektor, pointer
|
Penilaian proses:
Lembar observasi
Penilaian produk:
1. Penugasan
2. Tes
|
5%
|
2.
|
Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
|
Proses laktasi dan menyusui
- Anatomi dan
fisiologi panyudara (review)
- Dukungan
bidan dalam pemberian ASI
- Manfaat
pemberian ASI
- Komposisi
Gizi dalam ASI
- Upaya
memperbanyak ASI
- Tanda bayi
cukup ASI
- ASI
eksklusif
- Cara merawat
payudara
- Cara
menyusui yang benar
- Masalah
dalam pemberian ASI
|
Ceramah, demonstrasi, diskusi
|
Ketepatan menjelaskan
|
T : 100
P : 300
|
Pendahuluan:
1. Salam
2. Apersepsi tentang proses laktasi dan menyusui
Penyajian
:
1. Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
2. Embeded test
3. Contoh
4. Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup
:
1. Kesimpulan
2. Tindak lanjut
3. Salam
|
LCD proyektor, pointer, power
point, phantom
|
Penilaian Proses:
1. Lembar observasi
2. checklist
Penilaian Produk:
Tes
|
15%
|
3.
|
Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir (BBL)
|
Respon orang
tua terhadap bayi baru lahir
-
Bounding attachment
-
Respon ayah dan keluarga
-
Sibling Rivally
|
Ceramah, Diskusi
|
Ketepatan
dalam menangani respon orang tua terhadap BBL
|
T : 50
P : 150
|
Pendahuluan:
1. Salam
2. Apersepsi tentang respon orang tua terhadap bayi baru lahir
Penyajian
:
1. Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir
2. Embeded test
3. Contoh
4. Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup
:
1. Kesimpulan
2. Tindak lanjut
3. Salam
|
Laptop, LCD, pointer, power point
|
Penilaian proses :
1. Lembar observasi
Penilaian
produk :
1.
Penugasan
2.
Tes
|
5%
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar