Cari Blog Ini

Rabu, 09 September 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ASUHAN KEBIDANAN III (NIFAS)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Program Studi                       : D III Kebidanan                            
Mata Kuliah                          : Asuhan Kebidanan III (Nifas)
Kode Mata Kuliah                : Bd. 303
Semester                                 : III (Tiga)
SKS                                        : 2 SKS (1 T; 1 P)
T : 1 x 50 menit = 50 menit x 14 minggu = 700 menit @ 100 menit = 7 x Tatap Muka
P : 1 x 160 menit = 160 menit x 14 minggu = 2240 menit @ 100 menit = 23 x Tatap Muka
Dosen  Pengampu                  : Reny Eka Saputri S.ST. Keb

Deskripsi Mata Kuliah         :             
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melaksanakan Asuhan Kebidanan pada masa nifas dengan pendekatan manajemen kebidanan di dasari konsep, sikap dan ketrampilan dengan pokok bahasan : Konsep dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi dan psikologi masa nifas, keutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi masa nifas dan pendokumentasiannya.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
1.        Sikap
a.       Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
b.      Menjunjung  tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
c.       Berkontribusi dalam peningkatan  mutu kehidupan  bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab  pada negara dan bangsa;
e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan  sosial serta kepedulian terhadap  masyarakat dan lingkungan;
g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab  atas pekerjaan di bidang keahliannya  secara mandiri;
j.        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2.        Keterampilan Umum
a.       Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku ;
b.      Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
c.       Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
d.      Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
e.       Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f.       mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi  terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
g.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
h.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3.      Ketrampilan Khusus
a.       Menjelaskan konsep dasar masa nifas;
b.      Menjelaskan proses laktasi dan menyusui;
c.       Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir;

4.        Pengetahuan
a.       Menguasai konsep dasar masa nifas;
b.      Menguasai proses laktasi dan menyusui;
c.       Menguasai respon orang tua terhadap bayi baru lahir.

MG
KE
KEMAMPUAN AEKHIR YANG DIHARAPKAN
BAHAN KAJIAN (Materi Ajar)
BENTUK / METODE PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENILAIAN
ALOKASI WAKTU (menit)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup)
MEDIA PEMBELAJARAN
INSTRUMEN PENILAIAN (Kriteria, Indikator, Bobot Penilaian)
BOBOT NILAI
1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar masa nifas
Pengertian masa nifas
-    Tujuan asuhan masa nifas
-    Peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
-    Tahapan masa nifas
-    Kebijakan program nasional masa nifas
Ceramah, Diskusi
Mampu menguasai konsep dasar masa nifas
T : 50
P : 150
Pendahuluan:
1.       Salam
2.       Apersepsi tentang  materi konsep dasar masa nifas
Penyajian :
1.       Menjelaskan konsep dasar masa nifas
2.       Embeded test
3.       Contoh
4.       Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup :
1.       Evaluasi
2.       Kesimpulan
3.       Tindak lanjut
4.       Salam
Laptop, Power Point, LCD proyektor, pointer
Penilaian proses:
Lembar observasi

Penilaian produk:
1.   Penugasan
2.   Tes

5%
2.
Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
Proses laktasi dan menyusui
-    Anatomi dan fisiologi panyudara (review)
-    Dukungan bidan dalam pemberian ASI
-    Manfaat pemberian ASI
-    Komposisi Gizi dalam ASI
-    Upaya memperbanyak ASI
-    Tanda bayi cukup ASI
-    ASI eksklusif
-    Cara merawat payudara
-    Cara menyusui yang benar
-    Masalah dalam pemberian ASI
Ceramah, demonstrasi, diskusi
Ketepatan menjelaskan
T : 100
P :  300
Pendahuluan:
1.       Salam
2.       Apersepsi tentang proses laktasi dan menyusui
Penyajian :
1.       Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
2.       Embeded test
3.       Contoh
4.       Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup :
1.       Kesimpulan
2.       Tindak lanjut
3.       Salam
LCD proyektor, pointer, power point, phantom
Penilaian Proses:
1.       Lembar observasi
2.       checklist
Penilaian Produk:
Tes
15%
3.
Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir (BBL)
Respon orang tua terhadap bayi baru lahir
-   Bounding attachment
-   Respon ayah dan keluarga
-   Sibling Rivally
Ceramah, Diskusi
Ketepatan dalam menangani respon orang tua terhadap BBL

T : 50
P : 150
Pendahuluan:
1.       Salam
2.       Apersepsi tentang respon orang tua terhadap bayi baru lahir
Penyajian :
1.       Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir
2.       Embeded test
3.       Contoh
4.       Memberikan kesempatan mahasiswa bertanya
Penutup :
1.       Kesimpulan
2.       Tindak lanjut
3.       Salam
Laptop, LCD, pointer, power point



Penilaian proses :
1.       Lembar observasi

Penilaian produk :
1.       Penugasan
2.       Tes
5%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar