RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Program
Studi : D III
Kebidanan
Mata Kuliah : Asuhan
Kebidanan III (Nifas)
Kode Mata Kuliah : Bd. 303
Semester : III (Tiga)
SKS : 2 SKS (1 T;
1 P)
T : 1 x 50 menit = 50 menit x 14 minggu
= 700 menit @ 100 menit = 7 x Tatap Muka
P : 1 x 160 menit = 160 menit x 14
minggu = 2240 menit @ 100 menit = 23 x Tatap Muka
Dosen Pengampu : Reny Eka
Saputri S.ST. Keb
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk
melaksanakan Asuhan Kebidanan pada masa nifas dengan pendekatan manajemen
kebidanan di dasari konsep, sikap dan ketrampilan dengan pokok bahasan : Konsep
dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi,
fisiologi dan psikologi masa nifas, keutuhan dasar masa nifas, melaksanakan
asuhan kebidanan pada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa
nifas, deteksi dini komplikasi masa nifas dan pendokumentasiannya.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
1.
Sikap
a. Bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
c. Berkontribusi dalam
peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga
negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa
tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta
pendapat
atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan
memiliki kepekaan sosial serta kepedulian
terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin
dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara ;
h. Menginternalisasi nilai,
norma, dan etika akademik;
i.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri;
j.
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2.
Keterampilan
Umum
a. Mampu menyelesaikan
pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang
sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku ;
b. Mampu menunjukkan
kinerja bermutu dan terukur;
c. Mampu memecahkan masalah
pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian
terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab
atas hasilnya secara mandiri;
d. Mampu menyusun laporan
hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya
secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
e. Mampu
bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f. mampu
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan
evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja
yang berada di bawah tanggungjawabnya;
g. Mampu melakukan proses
evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
h. Mampu mendokumentasikan,
menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan
dan mencegah plagiasi.
3. Ketrampilan Khusus
a. Menjelaskan
konsep dasar masa nifas;
b. Menjelaskan
proses laktasi dan menyusui;
c. Menjelaskan
respon orang tua terhadap bayi baru lahir;
d. Menjelaskan
perubahan fisiologis;
e. Menjelaskan
proses adaptasi fisiologis dan psikologis ibu dalam masa nifas;
f. Mengidentifikasi
kebutuhan dasar ibu masa nifas;
g. Melaksanakan
asuhan kebidanan pada ibu masa nifas;
h. Melaksanakan
program tindak lanjut asuhan masa nifas;
i.
Menjelaskan cara
deteksi dini komplikasi pada masa nifas dan penanganannya;
j.
Mendokumentasikan hasil
asuhan masa post partum.
4.
Pengetahuan
a. Menguasai konsep dasar masa nifas;
b. Menguasai proses laktasi dan
menyusui;
c. Menguasai respon orang tua
terhadap bayi baru lahir;
d. Menguasai perubahan fisiologis;
e. Menguasai proses adaptasi
fisiologis dan psikologis ibu dalam masa nifas;
f. Menguasai kebutuhan dasar ibu
masa nifas;
g. Menguasai asuhan kebidanan pada
ibu masa nifas;
h. Menguasai program tindak lanjut
asuhan masa nifas;
i.
Menguasai
cara deteksi dini komplikasi pada masa nifas dan penanganannya;
j.
Menguasai
hasil asuhan masa post partum.
MINGGU KE
|
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
BAHAN KAJIAN (Materi Ajar)
|
BENTUK PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU (menit)
|
KRITERIA PENILAIAN (Indikator)
|
BOBOT NILAI
|
1-2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar masa nifas
|
Pengertian
masa nifas
-
Tujuan asuhan masa nifas
-
Peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
-
Tahapan masa nifas
-
Kebijakan program nasional masa nifas
|
Ceramah, Diskusi
|
T : 50
P : 150
|
Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar nifas
|
5%
|
3-6
|
Menjelaskan proses laktasi dan menyusui
|
Proses laktasi dan menyusui
- Anatomi dan
fisiologi payudara (review)
- Dukungan
bidan dalam pemberian ASI
- Manfaat
pemberian ASI
- Komposisi
Gizi dalam ASI
- Upaya
memperbanyak ASI
- Tanda bayi
cukup ASI
- ASI
eksklusif
- Cara merawat
payudara
- Cara
menyusui yang benar
- Masalah
dalam pemberian ASI
|
Ceramah, demonstrasi, diskusi
|
T : 100
P : 300
|
Ketepatan menjelaskan, mendemonstrasikan proses laktasi dan menyusui
|
15%
|
7-8
|
Menjelaskan respon orang tua terhadap bayi baru lahir (BBL)
|
Respon orang
tua terhadap bayi baru lahir
-
Bounding attachment
-
Respon ayah dan keluarga
-
Sibling Rivally
|
Ceramah, diskusi
|
T : 50
P : 150
|
Ketepatan
dalam menangani respon orang tua terhadap BBL
|
5%
|
9-12
|
Menjelaskan perubahan fisiologis masa nifas
|
Perubahan fisiologis masa nifas
-
Perubahan sistem reproduksi
v Uterus
v Vagina dan
perineum
-
Perubahan sistem pencernaan
-
Perubahan sistem perkemihan
-
Perubahan sistem musculoskeletal/diastasis rectie
abdominis
-
Perubahan tanda-tanda vital
-
Perubahan sistem kardiovaskuler
-
Perubahan sistem hemotologi
-
Perubahan sistem endokrin
|
Ceramah, diskusi, penugasan
|
T : 100
P : 300
|
Ketepatan
dalam menangani perubahan fisiologis masa nifas
|
15%
|
13-14
|
Menjelaskan proses adaptasi psikologis ibu dalam masa nifas
|
Proses adaptasi
psikologis ibu masa nifas
-
Adaptasi psikologis ibu masa nifas
-
Post partum Blues
-
Kesedihan dan duka cita
|
Ceramah, diskusi
|
T : 50
P : 150
|
Ketepatan
mendiskripsikan proses adaptasi psikologis ibu dalam masa nifas
|
5%
|
15-16
|
Menjelaskan kebutuhan dasar ibu masa nifas
|
Kebutuhan
dasar ibu masa nifas
-
Nutrisi dan cairan
-
Ambulasi
-
Eliminasi : BAK/BAB
-
Kebersihan diri/perineum
-
Istirahat
-
Seksual
-
Latihan/senam nifas
|
Ceramah, diskusi, demonstrasi
|
T : 50
P : 150
|
Mendemonstrasikan
kebutuhan dasar ibu masa nifas
|
10%
|
17-23
|
Melaksanakan asuhan masa nifas normal
|
Asuhan Ibu masa nifas normal
-
Pengkajian data fisik dan psikososial
-
Riwayat kesehatan ibu
-
Pemeriksaan fisik
|
Ceramah, diskusi
|
T : 150
P : 550
|
Ketepatan dalam memberikan asuhan masa nifas normal
|
25%
|
|
|
Merumuskan diagnosa/masalah actual
- Masalah nyeri
- Masalah
infeksi
- Masalah
cemas, perawatan perineum, payudara, ASI eksklusif
- Masalah
KB, Gizi, tanda bahaya, senam, menyusui
|
|
|
|
|
|
|
Merumuskan diagnosa/masalah potensial
-
Gangguan perkemihan
-
Gangguan BAB
-
Gangguan hubungan seksual
|
|
|
|
|
|
|
Merencanakan asuhan kebidanan
-
Evaluasi secara terus menerus
-
Gangguan rasa nyeri
-
Mengatasi infeksi
-
Mengatasi cemas
-
Menjelaskan tentang Gizi, KB, tanda bahaya, hubungan seksual, senam
nifas, perawatan perineum, perawatan bayi sehari-hari dll.
-
Memberikan kenyamanan
pada ibu
-
Membantu ibu untuk
menyusui bayi
-
Memfasilitasi menjadi
orang tua
-
Persiapan pasien
pulang
-
Anticipatori guidance
-
Deteksi dini
komplikasi pada ibu masa nifas
-
Health Education
v Nutrisi
v Hygiene
v Perawatan
perineum
v Istirahat
dan tidur
v Ambulasi
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
asuhan kebidanan :
-
Tindakan mandiri
-
Kolaborasi
-
Tindakan pengawasan
-
Pendidikan/penyuluhan
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi
asuhan kebidanan :
-
Tujuan asuhan kebidanan
-
Efektifitas tindakan untuk mengatasi masalah
-
Hasil asuhan
|
|
|
|
|
24-26
|
Menjelaskan program tindak lanjut asuhan nifas di rumah
|
Tindak
lanjut nifas di rumah
-
Jadwal kunjungan rumah
-
Asuhan lanjutan masa nifas di rumah
-
Penyuluhan masa nifas
v Gizi
v Suplemen zat
besi/vit A
v Kebersihan
diri/bayi
v Istirahat/tidur
v Pemberian
ASI
v Latihan/senam
nifas
v Hubungan
seks dan keluarga berencana
v Tanda-tanda bahaya
|
Ceramah, diskusi, role play
|
T : 50
P : 250
|
Ketepatan
dalam melakukan program tindak lanjut asuhan nifas dirumah
|
5%
|
27-28
|
Melaksanakan deteksi dini komplikasi pada masa nifas dan penanganannya
|
Cara deteksi
dini komplikasi pada nifas dan penanganannya
- Pendarahan
per vagina
- Infeksi masa
nifas
- Sakit
kepala, nyeri, epigastrik, penglihatan kabur
- Pembengkakan
di wajah atau ekstrimitas
- Demam,
muntah, rasa sakit waktu berkemih
- Payudara
yang berubah menjadi merah, panas, dan/atau terasa sakit
- Kehilangan
nafsu makan dalam waktu yang lama
- Rasa sakit,
merah,m lunak dan/atau pembengkakan di kaki
- Merasa sedih
atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
|
Ceramah, demonstrasi
|
T : 50
P : 150
|
Ketepatan
dalam mendeteksi dini komplikasi pada masa nifas dan penanganannya
|
10%
|
29-30
|
Melaksanakan pendokumentasian asuhan
|
Dokumentasi
asuhan dalam bentuk laporan asuhan kebidanan masa nifas
|
Ceramah, diskusi, penugasan
|
T : 50
P : 150
|
Ketepatan dalam
mendokumentasikan asuhan
|
5%
|
Jumlah
|
T :700 Menit
P : 2240 Menit
|
|
100%
|
REFERENSI :
1.
Varney, H (1997),
Varney Midwifery, Third Edition, Jones and Berttlet Pubhliser, Sudbury, England
2.
Sweet, BR (2000),
Mayes Midwifery, A Text Book for Midwives, Twelfth Edition, Bailicre Tindall,
London
3.
Pusdiknakes, WHO,
JHPIEGO (2001). Buku 4 : Pos Partum,
MNH, Jakarta
4.
Minchin M
(1998). Breast Feeding Matters, edisi 4,
Alma Publications, Victoria, Australia
5.
Hole, T
(1999). Medications and Mothers Hilk,
edisi 8, Pharmasoft Medical Publishing
6.
Prawirohardjo, S
(1997) Ilmu Kebidanan, YBPSP, UI, Jakarta
7.
Saifudin, A.B et
all (2000) Buku Acuan Nasional Pelayanan
Kesahatan, YBPSP, Jakarta
8.
Saifudin, A.B dkk
(2002) Buku Panduan Praktis Pelayanan
Kesehatan Maternal Neonatal, YBPSP, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar